Front office suatu hotel memiliki struktur organisasi yang dibuat begitu sistematis demi menjaga dan meningkatkan kualitas suatu hotel. Struktur organisasi tersebut tentunya memiliki tugas pokok yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijabarkan mengenai tugas pokok struktur organisasi front office hotel, antara lain :
Deskripsi pekerjaan Front Office Manager
- Area kerja : Front office area, executive floor, business center.
- Ringkasan pekerjaan: menciptakan kepuasan tamu dan memberi kesan positif bagi tamu di area kerjanya ·
- Melapor kepada: General Manager ·
- Staf bawahan: semua staff front office ·
- Tugas pokok:
- Menyeleksi, menempatkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
- Memastikan bahwa semua staff di front office menguasai sistem komputer hotel, etika menerima telepon dan standard operasional yang ada di hotel.\
- Menjaga keharmonisan kerja dengan penjualan dan pemasaran tentang harga kamar.
- Menyambut tamu VIP.
- Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diselesaikan oleh bawahannya.
- Membuat laporan bulanan tentang daftar tamu, tingkat hunian maupun untung/rugi di bagian kantor depan.
- Menjaga kedisiplinan petugas kantor depan dengan memberikan peringatan dan sanksi bagi yang melanggar ketentuan.
- Meningkatkan kualitas dan prestasi karyawan yang berprestasi dengan memberikan penghargaan.
- Membuat budget tahunan, menganalisis operasi dan pendapatan hotel secara harian dari sisi pendapatan, rata-rata harga kamar
- Area kerja: front office, executive floor, business center. ·
- Ringkasan pekerjaan: membantu kelancaran tugas di front office dan menggantikan front office manager ketika berhalangan dan mengkordinir beberapa tugas sesuai dengan deskripsi pekerjaannya nya.
- Atasan langsung: Front Office Manager
- Staff bawahan: Duty Manager, FO Supervisor, Supervisor level lainnya di departemen Front Office.
- Tugas pokok:
- Membantu pekerjaan Front Office Manager dalam hal kontrol dan administrasi.
- Membuat jadual kerja Duty Manager,Receptionist, Telephone Operator, GRO dan concierge.
- Memantau operasional di front office.
- Mengarahkan dan mengawasi terhadap pekerjaan reception dan concierge.
- Memimpin briefing pada waktu shift malam.
- Terjun ke operasional hotel pada saat ramai tamu.
- Menghadiri briefing pagi manajemen hotel, mewakili Front Office Manager jika berhalangan hadir.
- Menangani keperluan tamu yang membutuhkan bantuan.
- Area kerja: executive lounge, executive rooms.
- Ringkasan pekerjaan: menjamin kepuasan tertinggi tamu dan staf menurut standar pelayanan sesuai dengan ketentuan di lantai eksekutif serta bertanggungjawab atas segala aspek operasional di lantai eksekutif.
- Atasan langsung: Assistant FOM
- Staf bawahan: Executive Lounge Assistant Manager
- Tugas pokok:
- Memastikan bahwa laporan dan korespondensi untuk departemen telah terpenuhi dengan tepat dan teliti.
- Memastikan bahwa jadual telah ditetapkan dengan baik.
- Memastikan bahwa data tamu selalu diperbaharui.
- Mengawasi dan memesan barang kebutuhan di lantai eksekutif.
- Membantu dalam membangun efisien tim dengan memperhatikan kesejahteraan, keselamatan, training dan pengembangan staf.
- Melaksanakan evaluasi karyawan dan meninjau penampilan keseluruhan, mendiskusikan penampillan dan bidang untuk perbaikan.
- Mengawasi para staf selalu melakukan metode dan standar yang telah ditetapkan.
- Memastikan bahwa staf mendapat informasi yang cukup mengenai kebijaksaan hotel sehubungan dengan pemadam kebakaran, kesehatan, tunjangan dan keamanan.
- Mempelajari dan mengevaluasi operasional dan standar prosedur di executive lounge serta memberikan saran untuk perubahan yang diperlukan.
Deskripsi pekerjaan Executive Lounge Assistant Manager
- Area kerja: executive lounge, executive rooms.
- Ringkasan pekerjaan: menangani semua keperluan tamu di lantai eksekutif.
- Atasan langsung: Executive Lounge Manager.
- Tugas pokok:
- Melayani minuman selamat datang dan oshibori(handuk dingin) pada saat kedatangan.
- Melayani pesanan makanan dan minuman di executive lounge.
- Mengambil dan mengantarkan pakaian cucian dari kamar tamu.
- Membuka, melipat dan membungkus baju tamu.
- Memeriksa semua kamar tamu yang akan datang dan menyiapkan alat tulis.
- Mengantar tamu ke kamar dan menerangkan fasilitas hotel.
- Mengirim koran, fax masuk dan pesan untuk tamu yang menginap serta tamu yang akan datang.
- Mengerjakan penyemiran sepatu bila dibutuhkan.
- Sebagai penghubung antara tamu VIP dengan layanan lain seperti housekeeping, GRO dan Engineering.
Deskripsi pekerjaan Guest Relations Officer Manager
- Area kerja: lobby, front office, executive lounge.
- Ringkasan pekerjaan: mempromosikan citra positif hotel dan menjamin kepuasan tamu.
- Bawahan langsung: GRO Supervisor, GRO
- Tugas pokok:
- Memberikan informasi mengenai fasilitas hotel
- Mengantisipasi dan menanggapi kebutuhan tamu.
- Mendengarkan dan menyelesaikan keluhan.
- Menyediakan layanan pelanggan dengan baik.
- Membantu dengan kegiatan seperti pemesanan tiket.
- Membuat pemesanan dan mengatur perjalanan dan wisata.
- Memonitor tamu secara personal untuk menjamin kepuasan tamu yang maksimal melalui perhatian dan keramahan, serta cepat tanggap.
- Menginformasikan departemen operasi lain, terutama bagian Housekeeping dan Food&Beverages, mengenai hal yang berkaitan dengan mereka.
- Membangun dan menjaga hubungan karyawan yang efektif.
- Menjaga standar yang sesuai perilaku. gaun, kebersihan, seragam, penampilan dan postur personel Guest Relations.
- Menginformasikan manajemen senior khusus mengenai masalah tentang tamu.
Deskripsi pekerjaan Guest Relations Officer Supervisor
- Area kerja: lobby, front office, executive lounge.
- Atasan langsung : GRO Manager
- Bawahan langsung: GRO
- Tugas pokok:
- Memberikan informasi mengenai fasilitas hotel
- Mengantisipasi dan menanggapi kebutuhan tamu.
- Mendengarkan dan menyelesaikan keluhan.
- Menyediakan layanan pelanggan dengan baik.
- Melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan GRO.
- Menjadi penghubung antara GRO Manager dan GRO.
- Menggantikan peran dari GRO Manager saat beliau tidak ada di tempat.
Deskripsi pekerjaan Guest Relations Officer
- Area kerja: lobby, front office, executive lounge, kamar tamu.
- Ringkasan pekerjaan: mengantarkan tamu dan memberikan layanan informasi dan bantuan keperluan tamu selama tinggal di hotel.
- Atasan langsung: GR Supervisor
- Tugas pokok:
- Memantau tamu VIP yang menginap, datang dan berangkat
- Memberikan informasi tentang hotel kepada tamu dan pengunjung
- Beramahtamah dengan tamu langganan, tamu yang menginap di lantai eksekutif dan VIP pada saat kedatangan
- Beramah tamah dengan tamu yang baru pertama kali datang & tamu yang menginap untuk jangka waktu yang lama(long staying guest)
- Membuat kartu ucapan selamat datang(welcome card) untuk tamu
- Menyambut tamu VIP di lobby
- Mengantar tamu VIP dan menjelaskan kamar yang akan ditempati tamu sambil membawakan kunci kamar.
Deskripsi pekerjaan Chief Operator
- Area kerja : Front Office
- Bawahan langsung : Telepon Operator
- Tugas Pokok:
- Mengawasi dan mengkoordinir pekerjaan para operator telepon agar dapat. menjalankan tugasnya dengan baik dan benar-benar sesuai dengan standart yang ditetapkan.
- Mengontrol telepon yang masuk dan keluar hotel serta memastikan bahwa semua telepon telah disambungkan ketujuan yang dimaksud.
- Membuat daftar kerja para petugas telepon.
- Memeriksa kehadiran para petugas telepon.
- Membantu petugas telepon bila sambungan yang di perlukan sangat banyak
- Membuat laporan per bulan
Deskripsi pekerjaan telepon Operator
- Area kerja : Front Office
- Ringkasan pekerjaan: Melaksanakan pengelolaan pelayanaan telepon/faxcimille dengan berpedoman kepada kebijakan teknis yang telah ditetapkan oleh manajemen.
- Atasan langsung : Chief Operator
- Tugas Pokok :
- Menjawab telepon yang masuk baik dari internal maupun external mentransfer langsung ke setiap extension yang dituju.
- Melayani menyambungkan telepon baik dari tamu atau dari departemen.
- Memeriksa bill telepon dan menyerahkannya langsung ke FO Cashier.
- Menangani pelayanan ”Incoming dan Outgoing”faxcimille dan langsung membuat bill tersebut.
- Menerima dan mendistribusikan pesan untuk tamu dan departemen lain. o Mengetahui lay out hotel dan fasilitasnya.
- Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan Event Activities dan fasilitas hotel.
- Mengerti cara pengoperasian PABX.
- Menjaga privacy tamu kamar dalam hal memberikan informasi terhadap tamu luar.
- Mencocokan print out rekening telepon tamu dengan FO cashier pada setiap akhir shift.
- Menangani permintaan tamu kamar untuk mem-blokir line teleponnya (incognito).
- Menangani pemutaran dan mengatur cassette atau radio.
- Menghadiri rapat bulanan.
- Menjaga hubungan baik dengan tamu, rekan kerja dan departemen lain.
- Selalu menjaga standard ”telephone courtesy”.
- Menjaga kebersihan lingkungan kerja riang Swich Board Operator.
- Selalu tanggap dan cepat memperbaiki keluhan-keluhan atas layanan telepon.
- Melaksanakan tugas lain sesuai arahan dan perintah atasan .
Deskripsi pekerjaan Duty Manager
- Area kerja: front office dan seluruh hotel yang ada hubungannya dengan tamu di hotel.
- Ringkasan pekerjaan: mendukung pekerjaan operasional kantor depan secara menyeluruh dan mengontrol operasional lintas departemen untuk shift tertentu.
- Atasan langsung: Front Office Manager.
- Staff bawahan: Front Office Supervisor, Front Office Staff, Guest Relation Officer, Concierge, Business Center Secretary.
- Tugas pokok:
- Membantu tugas Front Office Manager dan Asssistant FOM dalam melakukan tugas operasional di front office.
- Mendukung kelancaran proses check-in dan check-out di front office.
- Menangani kesulitan tamu dan staff di front desk.
- Mengontrol operasional di seputar front office antara lain lobby, restoran, bar, lounge koridor dan kamar tamu.
- Membuat laporan setiap shift tentang temuan dan kejadian selama jam kerjanya.
- Menyambut tamu VIP bersama dengan Front Office Manager
Deskripsi pekerjaan Front Desk Supervisor
- Area kerja: front office
- Ringkasan pekerjaan: memberikan layanan penerimaan dan keberangkatan tamu di hotel dengan memberikan petunjuk kepada staff front desk serta mengontrol kode akses komputer di front desk.
- Atasan langsung: Duty Manager
- Staff bawahan: Front Desk Agent
- Tugas pokok:
- Mengarahkan tugas operasional penerimaan tamu di front office
- Menangani keluhan tamu yang tidak bisa diatasi oleh Front Desk Agent
- Memberi persetujuan transaksi paid out tamu untuk jumlah tertentu
- Memberi persetujuan penggunaan housebank oleh Front Desk Agent
- Mengarahkan langkah persiapan penerimaan grup
- Mengatur jadwal setiap staff front desk.
Deskripsi pekerjaan Receptionist/ Front Desk Agent (FDA)
- Area kerja: front desk
- Ringkasan pekerjaan: menangani registrasi tamu, memberikan pelayanan sebelum tamu menginap serta menangani check-out tamu beserta pembayarannya.
- Atasan langsung : FO Supervisor
- Tugas pokok:
- Menyambut tamu yang datang di front desk dengan ramah dan sopan.
- Melakukan pendaftaran tamu
- Mencatat uang deposit tamu untuk menginap
- Menangani tamu check-out
- Melayani penukaran mata uang asing ke mata uang lokal
- Memasukkan tamu yang sudah check-in dalam satu laporan harian.
- Menghitung dan bertanggung jawab atas uang transaksi selama staff tersebut bertugas pada hari tersebut
Deskripsi pekerjaan Reservation Manager
- Area kerja: front office
- Ringkasan pekerjaan: kelancaran operasional dan administrasi di bagian pemesanan kamar.
- Bawahan langsung : reservation agent
- Tugas pokok:
- Membantu FOM atau asistent FOM dalam memantau dan mengontrol akurasi kemampuan kamar yang bisa dijual agar tercapai occupancy yang tinggi serta jika mungkin dengan harga yang maksimal.
- Mengawasi serta ikut bekerjasama staf dalam lingkup bagian pemesanan kamar, khususunya dalam penerimaan, proses dan persetujuan pemesanan kamar.
- Melatih, memotivasi dan mendisplinkan bawahan dibagian pemesanan.
- Mempersiapkan semua laporan yang menyangkut pemesanan kamar sehari-hari seperti perkiraan penjualan kamar dalam sebulan, laporan mingguan, statistik dan jumlah kamar yang terjual dalam satu malam ( room night production).
- Secepat mungkin menjawab secara lisan atau tertulis terhadap semua pemesanan kamar, harga , fasilitas hotel, dan pelayanan.
Deskripsi pekerjaan Reservation Agent
- Area kerja: front office
- Ringkasan pekerjaan: berinteraksi dengan para tamu dan memastikan mereka memiliki pengalaman yang hebat ketika menginap di resort.
- Atasan langsung : reservation manager
- Tugas pokok:
- Menanggapi panggilan tamu atau pertanyaan tentang pemesanan kamar.
- Menjawab panggilan masuk dan membantu dengan pemesanan, konfirmasi, permintaan kamar kebutuhan, dan pertanyaan.
- Menjelaskan produk, pelayanan dan informasi lain tentang hotel seperti yang diminta.
- Menjual, memproses dan memasukkan dan mengkonfirmasi pemesanan kamar menggunakan teknik menjual dan strategi.
- Membantu para tamu dengan masalah dan keluhan, dengan empati dan fokus pada kepuasan tamu.
- Memfasilitasi keberangkatan tamu memberikan pernyataan yang akurat dan menjamin kepuasan tamu dan mengumpulkan semua pembayaran jatuh tempo.
Deskripsi pekerjaan Chief Business Service
- Area kerja: area pusat bisnis
- Ringkasan pekerjaan: mengatur dan mengarahkan segala aspek fungsi dari pusat bisnis untuk mencapai kepuasan yang tertinggi dari tamu.
- Bawahan langsung: Business Service
- Tugas pokok:
- Mengawasi staf untuk menjamin kepuasan tamu yang maksimal melalui penghargaan diri dan perhatian yang hangat dan tepat.
- Mengatur dan menyediakan arahan yang baik untuk keseluruhan maupun pelaksanaan sehari-hari dan administrasi untuk semua bagian dalam pusat bisnis.
- Memberikan penilaian terhadap penampilan, kedisiplinan dan efesiensi semua karyawan di bawah pengawasannya serta berinisatif untuk mengambil tindakan bila diperlukan.
- Mengontrol dan menganalisa secara berkelanjutan, biaya pengeluaran departemen sehari-hari untuk menjamin bahwa pengeluaran tidak melebihi anggaran.
Deskripsi pekerjaan Business Service
- Area kerja: business center
- Ringkasan pekerjaan: melayani tamu yang memerlukan jasa di business center ·
- Atasan langsung: Chief Business Service
- Tugas pokok:
- Memberikan layanan pengaturan pertemuan dengan para usahawan.
- Memberikan layanan penerjemahan, foto copy, pengiriman facsimil.
- Membantu dan mengkonfirmasikan tiket pesanan pesawat.
- Bertanggungjawab dalam menjalankan tugas administrasi yang berhubungan dengan pusat bisnis.
- Memberikan pelayanan pemakaian internet.
Deskripsi pekerjaan Chief Concierge
- Area kerja: pintu masuk hotel, lobby, bell desk, counter
- Ringkasan pekerjaan: memastikan bahwa semua tamu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di area pintu masuk hotel, lobby, bell desk
- Atasan langsung : Front Office Manager
- Staff bawahan: Bellman, Doorman, Airport Representative
- Tugas pokok:
- Memastikan bahwa semua staff di bagian concierge mendapatkan training tentang hotel sistem, etiket bertelepon, standar penampilan serta filosofi hotel.
- Memberikan training ke staff tentang: prosedur penanganan barang bawaan untuk tamu VIP dan rombongan,serta penanganan keluhan tamu.
- Mengimplementasikan visi dan misi perusahaan.
- Menyediakan peta kota, pengaturan reservasi tiket pesawat dan angkutan darat serta laut, sebagai penyedia informasi tentang aktivitas rekreasi, sosial dan keagamaan.
- Memastikan bahwa sarana komunikasi yang berupa papan informasi(sign board) di lobby selalu benar dan akurat.
Deskripsi pekerjaan Airport Representative
- Area kerja: bandar udara/airport , lobby hotel
- Ringkasan pekerjaan: menjemput dan mengantar tamu dari dan ke bandara sesuai standar di hotel.
- Atasan langsung: Chief Concierge
- Tugas pokok:
- Menyiapkan daftar tamu dan jam kedatangannya di bandara(expected time of arrival)
- Menyiapkan kendaraan yang sesuai dengan jumlah tamu dan bagasi yang diperlukan.
- Menyiapkan kendaraan alternatif jika tidak ada kendaraan hotel yang tersedia.
- Menyiapkan papan penyambutan sesuai dengan nama tamu
- Menghubungi hotel jika sudah siap menuju hotel atau tamu belum berhasil dijumpai di bandara.
- Mengantar tamu dari hotel ke bandara.
Deskripsi pekerjaan Bell Captain
- Area kerja: front office, lobby, kamar tamu
- Ringkasan pekerjaan: mengurus barang bawaan tamu pada saat datang, selama menginap di hotel maupun akan pergi meninggalkan hotel.
- Atasan langsung: Chief Concierge
- Tugas pokok:
- Mengatur tugas setiap Bellboy
- Menerima dan menyimpan barang tamu yang dititipkan di concierge
- Mencatat dan membukukan setiap barang tamu yang telah disimpan di luggage room.
- Memastikan luggage room bersih dan teratur
- Mengontrol setiap barang yang disimpan atau masih berada di lobby mempunyai tanda pengenal/ pass nomor barang yang jelas.
- Mengatur Bellboy untuk menyiapkan trolley atau kendaraan barang dalam menjemput bus rombongan yang akan ke hotel.
- Mengarahkan semua Bellboy di setiap shift kerja.
Deskripsi pekerjaan Bellboy
- Area kerja: lobby, front office, kamar hotel
- Ringkasan pekerjaan: membantu tamu dalam hal menangani barang bawaan mereka luggage delivery dan luggage down
- Atasan langsung: Bell Captain
- Tugas pokok:
- Menurunkan barang tamu dari mobil
- Membawakan barang tamu yang akan check-in
- Mengantar barang tamu ke kamar tamu sesuai nomor kamarnya.
- Membantu membawakan barang tamu pada saat check-out darikamar ke lobby hotel untuk selanjutnya ke kendaraan tamu.
- Menyimpan barang tamu dengan tanda khusus (luggage tag) untuk tamu yang belum datang ke hotel atau tamu yang menitipkan barangnya di belldesk.
Deskripsi pekerjaan Door Man/Door Girl
- Area kerja: lobby, area depan lobby.
- Ringkasan pekerjaan: menyambut tamu dengan membukakan pintu kendaraan atau pintu lobby hotel.
- Atasan langsung: Bell Captain
- Tugas pokok:
- Menyambut dan membukakan pintu mobil tamu
- Memberikan salam untuk setiap tamu yang datang dengan ramah dan senyum.
- Menyapa dan membukakan pintu lobby hotel untuk tamu yang memasuki atau ke luar lobby.
Daftar Pustaka :
- http://www.ehow.com/about_6567921_job-description-guest-relations-manager.html
- http://hotel-knowledge.blogspot.com/2010/04/position-guidelines-front-office-guest.html
- https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:Hw8P9Qth6ucJ:repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/16134/3/Chapter%2520II.pdf+&hl=en&pid=blsrcid=ADGEESiI86JlpY6QX5gUmvKEJiqj-20eHW66dmo0bofSoCgRhxuOrlWhFl_2SKacG1mapp-nlcnH01RFqCQ4DIkHydrxgZR0pPa7Dcv8o0p7Ozvq593jNkldWTghjnrG3AWOKSe4Z2sr&sig=AHIEtbRqKTy_sRXk1pUyzIUJgQ3ZTY7RUw
- http://smipusi.blogspot.com/2011/01/struktur-organisasi-front-office.html?showComment=1311671094930#c354002297255646032
- https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:YTqCrdm94z8J:www.runningy.com/media/pdf/JD-FO REZ%2520Guest%2520Service%2520Agent%2520%282%29.pdf+&hl=en&pid=bl&srcid=ADGEESijLyo9lng6UwaTFl7yIxOJZWdZIUwKq_YvPIodo1hQWtP1hUH7iZtYXD5Q5JIGOXkmp0dIO3m1NPZ4FRHmLcl83HVTyDZZP_Oge2mz2YhJlsuPHl-2bBeuYN__MnU5ZIDwgpR-&sig=AHIEtbS4--EB7sG2w97_nwEQRmW914NDEA
1 comments:
pletan cai
Post a Comment